Jumat, 23 September 2022

SELEKSI GURU BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN BELU

 GUPRES Belu Saatnya Hadir

Tahun 2022 menjadi momentum luar biasa untuk Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan APRESIASI luar biasa untuk para Gurunya.


Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2022 diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru pendidikan dasar (SD/SMP/MTs) di Kabupaten Belu. Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan di Kabupaten Belu.
        
        Merujuk pada Pedoman Pemilihan Guru Pendidikan Dasar Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuat pedoman Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dengan tema "Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21 dan Strategi Masa Pandemi Covid-19" merupakan salah satu program peningkatan kompetensi guru ditahun pertama. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru dan respon baik terhadap program kemdikbud melalui Dirjen GTK. Pedoman ini merupakan pegangan bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan Guru Sekolah Dasar Berprestasi tingkat Kabupaten Belu tahun 2021. Atas kerja sama semua pihak dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP/MTs) Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dengan tema "Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21 melalui Praktik Baik" merupakan salah satu program peningkatan kompetensi guru ditahun pertama. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru dan respon baik terhadap program kemdikbud melalui Dirjen GTK.

PEDOMAN GUPRES

        Pedoman ini merupakan pegangan bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan Guru Sekolah Dasar Berprestasi tingkat Kabupaten Belu tahun 2022. Atas kerja sama semua pihak dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2021, kami ucapkan terima kasih.
        Tahapan seleksi wajib diikuti oleh semua peserta. Dinas Pendidikan merencanakan akan menjaring finalis sebanyak 30 peserta, terdiri dari 15 peserta jenjang sekolah dasar (SD/MI) dan 15 peserta jenjang sekolah menengah pertama (SMP/MTs). Hari Guru Nasional (HGN) akan menjadi puncak kegiatan dengan memberikan apresiasi pada Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Belu tahun 2022.

Seleksi calon guru berprestasi melalui beberapa tahap:
  1. Penyusuanan dan perumusan program
  2. Sosialisasi kegiatan
  3. Bimbingan Teknik
  4. Pengumpulan dan Seleksi Naskah Best Practice
  5. Pengumuman Finalis
  6. Presentasi Laporan Best Practice
  7. Pengumuman Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Belu

JADWAL PENTING!

  • Bimbingan Teknik dan coaching clinic (25 Oktober 2022)
  • Batas Pengumpulan Naskah Best Practice (9 November 2022 22 November 2022) diperpanjang 
  • Seleksi Naskah Best Practice (23-24 November 2022)
  • Pengumuman Finalis (25 November 2022)
  • Presentasi Naskah Best Practice (29-30 November 2022)
  • Pengumuman Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2022 ( Desember 2022)

BIMBINGAN TEKNIS

Bagi Bapak/Ibu guru hebat Kabupaten Belu yang tidak sempat mengikuti Bimbingan Teknis dan coaching clinic, Bapak/Ibu dapat mengunduh materi di sini



Sistematika Penyusunan Naskah

Naskah Hard file di kirim ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Ketenagaan
Naskah Soft file diupload di sini
atau upload di link https://bit.ly/UPLOAD_NASKAH


Sistematuka penyusunan laporan dapat diunduh di sini
jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar ya...
atau bisa juga Japri Bang Isa...

semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar