Selasa, 24 Maret 2020

RPP KELAS IX BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Assalamu'alaikum
Semangat pagi Sahabat Bang Aby...
Artikel kali ini berisi tentang salah satu komponen Perengkat Pembelajaran berupa Rencama Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa kita sebut RPP.
Sahabat Bang Aby RPP yang disajikan merupakan RPP KTSP Kelas IX KD 2.1 Materi Pokok Geometri/Pengukuran.
Kebijakan pemerintah pasti berubah-ubah, siapa tahu 5 tahun atau 10 tahun ke depan kurikulum kita kembali KTSP?.
langsung tancap saja yuk...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah               : SMP Negeri Sadi
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas / Semester : IX (sembilan)/1
Materi Pokok      : Geometri dan Pengukuran


A. Standar Kompetensi 

1. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya.

B. Kompetensi Dasar

2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

2.1.1 Menyebutkan unsur-unsur bola.
2.1.2 Menentukan luas permukaan bola
2.1.3 Menentukan volume bola

D. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 pertemuan).


E. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1) Menyebutkan unsur-unsur bola.
2) Menentukan luas permukaan bola
3) Menentukan volume bola

Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa hormat dan perhatian; Bekerja sama; Tanggung jawab; Tekun; Disiplin

F. Materi Pembelajaran 

Unsur-unsur bola, luas permukaan bola, dan volume bola.

G. Metode Pembelajaran 

Ceramah, diskusi, tanya jawab, pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan(10 menit)

a. Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis siswa dengan cara mengucapkan salam, menanya kabar dan meminta siswa untuk menyiapkan buku pelajaran matematika dan alat tulis.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran apa saja yang harus dicapai oleh siswa.
c. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar aktif dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, karena materi ini merupakan dasar untuk mempelajari materi berikutnya.
d. Apersepsi: mengingatkan kembali materi yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (bola).

2. Kegiatan Inti (60 menit)

a. Eksplorasi
1) Guru membangkitkan keingintahuan siswa dengan memberi motivasi bahwa materi ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2) Guru mengajak siswa berpikir kritis.

b. Elaborasi 
1) Guru menyajikan gambar yang digunakan untuk membangun pengetahuan siswa dalam menemukan unsur-unsur bola.
2) Guru mengajak siswa berpikir logis untuk menemukan unsur-unsur bola dengan memperthatikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dipersiapkan.
3) Guru memberi konfirmasi atas jawaban siswa.
4) Guru meminta siswa untuk berkelompok.
5) Guru menampilkan CD interaktif menentukan luas permukaan bola dan volume bola
6) Siswa secara berkelompok menentukan luas permukaan bola dengan mempraktikan secara langsung.
7) Guru meminta dua kelompok untuk mempresentasikan hasil praktiknya.
8) Guru menanggapi dan mengkonfirmasi hasil presentasi

c. Konfirmasi 
1) Guru memberi balikan dengan memberikan penjelasan yang belum diketahui siswa. 
2) Guru memberikan soal evaluasi untuk dikerjakan secara individu. 
3) Siswa mengerjakan soal secara mandiri.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. 
b. Guru memberikan PR.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
(menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola)
d. Guru menutup kegiatan pembelajaran.

I. Sumber Belajar

1. Avianti A. N. 2007. Mudah Belajar Matematika untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2. Djumanta W. dan Dwi Susanti. 2008. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
3. Bahan ajar SMP Kelas IX Semester Gasal.
4. CD Pembelajaran.

J. Penilaian

Teknik : Tes tulis
Bentuk instrumen : Essai
Aspek yang dinilai : Kognitif


Mengetahui,                                                          Sadi, ..................................
Kepala Sekolah SMP Negeri Sadi                        Guru Mata Pelajaran Matematika



Gerardus Berek, S.Pd.                                          Mohammad Isa Fifta Usi, S.Pd., Gr.
NIP. .....................................                                 NIP. ....................................

Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Kritik dan saran yang mendidik saya terima di kolom kementar.
salam Bang Aby

0 komentar:

Posting Komentar